Tinjauan Kritis Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada Kebijakan Kesehatan Nasional

Oleh: Rustam Tohopi . 9 Januari 2024 . 23:14:14

Ali Dumbela, merupakan mahasiswa pada Program Doktor Administrasi Publik di Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, telah menyelesaikan Disertasinya yang berjudul "Evaluasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara".

Pada acara promosi yang diselenggarakan pada 9 Januari 2024, Ali Dumbela memaparkan hasil risetnya yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Abdul Hafidz Olii, S.Pi, M.Si. Turut hadir Prof. Dr. Dra. Weny J.A. Musa, M.Si selaku Wakil Direktur II Pascasarjana serta Koordinator Program Studi sekaligus Co Promotor II, Dr. Yanti Aneta, S.Pd., M.Si, dan Promotor Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si, Co Promotor I Prof. Dr. Rauf A. Hatu, M.Si. Penguji Internal I Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si, Co Promotor II Dr. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si, dan Penguji Eksternal Dr. R. Ahmad Buchori, S.IP., M.Si (Dosen Tetap Universitas Padajajaran).

Ali Dumbela merumuskan Disertasinya dengan tujuan untuk melihat efektivitas kebijakan jaminan kesehatan nasional di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pada saat dipresentasikan, hasil riset menyoroti beberapa aspek penting dimana Terungkap bahwa meskipun kebijakan jaminan kesehatan nasional sudah ada, namun implementasinya belum mencapai tingkat optimal dalam mencakup seluruh lapisan masyarakat, selain itu Keterbatasan dalam implementasi kebijakan tersebut juga menjadi fokus kajian dengan menggarisbawahi sejumlah faktor yang mempengaruhi keterjangkauan layanan kesehatan bagi warga.

Temuan dari penelitian, direkomendasika perlu adanya model evaluasi kebijakan Distributif yang terdiri dari Komitmen pegawai, Kolaborasi, kelompok penerima, kriteria penerima, konsesnus kebijakan dan ketersediaan anggaran. (Ali Dumbela, 2023).

Temuan dari Disertasi ini memberikan pandangan mendalam tentang kebijakan jaminan kesehatan nasional di tingkat lokal. Ali Dumbela mengusulkan adanya langkah-langkah strategis dan solusi implementatif yang lebih baik untuk meningkatkan efektivitas dan aksesibilitas layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 

Diharapkan, temuan ini dapat menjadi pijakan bagi penyempurnaan kebijakan di masa mendatang guna meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi semua warga.

 

Agenda

20 - 22 Maret 2024

ASESMEN LAPANGAN AKREDITASI S3 ADMINISTRASI PUBLIK

ASESMEN LAPANGAN OLEH TIM ASSESOR BAN-PT (Kamis, 21-22 Maret 2024)
Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si (Universitas Padjajaran)
Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Universitas Padjajaran)
Denisa Rufiana,BBusCom (Staf BAN-PT)

23 - 27 Mei 2023

JADWAL KEGIATAN PRODI

1). Ujian Promosi An. Wahyudi Gobel (Selasa, 23 Mei 2023)

2) Ujian Promosi An. Ahmad (Rabu, 24 Mei 2023)

3) Ujian Promosi An. Abdul Nazarudin Maloho (Rabu, 24 Mei 2023)

4) Ujian Promosi An. Djefriyanto Nusi (Jum'at, 26 Mei 2023)

5) Ujian Promosi An. M. Syahrulah M. I. Polontalo (Sabtu, 27 Mei 2023)